Mineral di Australia Sama dengan yang Ada di Bulan

Sejenis mineral yang dibawa ke Bumi oleh orang pertama yang menjejakkan kaki di Bulan, dan sejak lama diperkirakan merupakan mineral unik yang hanya ada di permukaan Bulan, ternyata ditemukan di bebatuan berusia sekitar 1,07 miliar tahun, di kawasan Australia.

Tranquillityite, satu dari tiga mineral yang hadir di bebatuan yang diambil dari permukaan Bulan, merupakan satu-satunya mineral yang ada di Bulan dan belum pernah ditemukan di Bumi.

“Tranquillityite sejak lama dianggap sebagai mineral yang hanya ada di Bulan sampai geolog tak sengaja menemukannya di batu yang ada di Australia Barat,” kata Birger Rasmussen, peneliti dari Curtin University. “Selama 40 tahun pencarian, mineral ini tidak dijumpai di sampel bebatuan di permukaan Bumi,” ucapnya.

Saat sampel bebatuan Bulan pertamakali dibawa ke Bumi, mereka dianggap benda yang ‘sangat berharga’ dan menjadi bahan penelitian besar-besaran. Ironisnya, ternyata mineral yang ada di batu-batuan Bulan itu sebenarnya tidak perlu jauh-jauh dicari karena sudah ada di Bumi sejak lama.

“Mineral-mineral itu merupakan bagian dari Bumi, dan tidak datang dari Bulan,” sebut Rasmussen dalam laporannya yang dipublikasikan di jurnal Geology. “Temuan ini menyatakan bahwa secara keseluruhan, kandungan Bumi dan Bulan sebenarnya serupa,” ucapnya. (Sumber: Moon Daily)

source : nationalgeographic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s